Translasi

Selasa, 01 Januari 2013

Al Ihsan

oleh: Ustadz Abu Yazid Harun Al Rasyid

Al Ihsan adalah sebuah kata yg mengumpulkan kesempurnaan ikhlash kepada Allah Ta'ala, dan mengumpulkan segala bentuk aplikasinya dengan melakukan segala bentuk kebaikan yg Allah mencintai perbuatan tersebut (Majmu' Al Fatawa 7/622 oleh Ibnu Taimiyah).

Al Ihsan ada 2 macam : 1. Ihsan dalam penyembahan kepada Sang Pencipta dengan cara dia menyembah Allah Ta'ala seolah-olah dia melihatNya, akan tetapi bila dia tdk dpt melihatNya maka sungguh Allah melihatnya, 2. Ihsan terhadap hak-hak makhluq yaitu dia mengerahkan segenap kemampuan untuk memberikan segala macam bentuk hal yg bermanfa'at kpd segala macam keadaan makhluq (Bahjah Qulub Al Abror hal. 234 oleh Ibnu Taimiyah).

Dikatakan bahwa ihsan memiliki 3 makna : 1. Perbuatan yang baik-baik 2. Pemberian ni'mat sesama manusia 3. Muroqobatullah (senantiasa merasa diawasi oleh Allah) yg merupakan isyarat dari sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bahwasanya ihsan adalah engkau menyembah Allah seakan-akan kamu melihatNya (At Tashil fi 'Uluumi At Tanziil 1/19 oleh Ibnu Jizzi).

Berkata Ibnu Taimiyah rahimahullah "Adapun Ihsan maka dia lebih umum ditinjau dari kata ihsan itu sendiri dan lebih khusus ditinjau dari pelakunya dibandingkan pelaku keimanan, sedangkan keimanan disini mencakup didalamnya keislaman, sehinggal muhsinun (org-org yg berbuat ihsan) lebih khusus dr mu'minin (org-org yg beriman), sedangkan mu'minun lebih khusus dari muslimin (Majmu' Al Fatawa 7/10 oleh Ibnu Taimiyah).

Wallahu Ta'ala A'lam Bish Showwab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar