Translasi

Sabtu, 17 November 2012

Iman bag 5


.3. Amalan anggota tubuh, terbagi menjadi dua :
a. Amalan lisan yaitu semua amalan yang tidak bisa ditunaikan kecuali dengannya; seperti membaca Al Qur'an, seluruh bentuk dzikir; dari tasbih, tahmid, tahlil, takbir, do'a, istighfar, berda'wah (ceramah) kepada Allah Ta'ala, mengajari manusia kebaikan, dan yang selain itu dari amalan-amalan yang ditunaikan dengan lisan; maka ini seluruhnya bagian dari iman.
Allah Ta'ala berfirman
أن ألذين يتلون كتاب الله وأقاموا الصلاة وانفقوا مما رزقناهم سرا وعلنية يرجون تجارة لن تبور
'Sesungguhnya mereka yang membaca Kitabullah, mendirikan sholat, dan berderma dari bagian yang telah Kami rizqikan kepada mereka dalam keadaan sembunyi-sembunyi dan terang-terangan mereka itulah yang mengharapkan perdagangan yang tidak akan pernah rugi (Fathir : 29)
Allah Ta'ala berfirman
يا أيها ألذين آمنوا أذكرو الله ذكرا كثيرا
'Wahai orang-orang yang beriman kalian berdzikirlah kepada Allah dengan dzikir yang banyak' (Al Ahzab : 41)

b. Amalan anggota tubuh (selain lisan) : seperti sholat, tahajjud, ruku', sujud, puasa, sedekah, berjalan didalam keridloan Allah Ta'ala; seperti memperbanyak langkah ke masjid, berhaji, jihad/perang dijalan Allah, amar ma'ruf nahi munkar, yang yang seperti itu yang termasuk amal-amalnya cabang-cabang iman.
Allah Ta'ala berfirman
يا أيها ألذين آمنوا أركعوا وأسجدوا واعبدوا ربكم وافعلوا الخير لعلكم تفلحون. وجاهدوا في الله حق جهاده هو اجتباكم.
'Wahai orang-orang yang beriman kalian ruku'lah, sujudlah, sembahlah Rabb kalian, lakukanlah segala bentuk kebaikan agar kalian beruntung. Kalian berjihadlah dijalan Allah dengan sebenar-benarnya jihad dijalanNya yang Dia telah memuliakan kalian (dari seluruh ummat)' (Al Hajj : 77-78)
Allah Ta'ala berfirman :
وعباد الرحمن ألذين يمشون على الأرض هونا واذا خاطبهم الجاهلون قالوا سلاما. والذين يبيتون لربهم سجدا وقياما
'Dan hamba-hambanya Ar Rahman (adalah) mereka yang berjalan dibumi dalam keadaan tenang dan apabila orang-orang jahil (bodoh) mengucapkan kata-kata yang keji kepada mereka, mereka pasti membalasnya dengan ucapan yang baik. Dan mereka (adalah) yang bermalam bersama Rabb mereka dalam keadaan sujud dan beribadah kepadaNya' (Al Furqon : 63-64)

Maka inilah tiga hal tersebut : i'tiqodnya hati, iqrarnya lisan, amalan anggota tubuh. Seluruhnya harus terdapat didalam definisi Iman menurut ahlus sunnah wal jama'ah; sehingga siapa saja yang ada padanya keseluruhannya; maka sungguh dia telah menyempurnakan keimanannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar