Translasi

Senin, 19 November 2012

Tentang Shahabat, Tabi'in dan Tabi'ut Tabi'in

Generasi emas Islam
1. Generasi pada masa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam hidup 
2. Generasi pada masa para shahabat hidup 
3. Generasi muridnya para shahabat hidup 
4. Generasi muridnya murid para shahabat.

Shahabat itu adalah siapa saja yang : 
  1. Bertemu dengan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam walau hanya sekedar menyapa dan mengucapkan salam ke beliau shallallahu 'alaihi wa sallam 
  2. Beriman dengan syari'at Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, dari sini dikeluarin paman-paman beliau shallallahu 'alaihi wa sallam seperti abu thalib, abu jahal, abu lahab padahal mereka adalah orang-orang yang bertemu dengan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam 
  3. Meninggal dalam keadaan beriman dengan syari'at Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, dari sini dikeluarkan Musailamah kendati ada padanya syarat pertama dan kedua, akan tetapi dia meninggal dalam keadaan mengaku sebagai Nabi setelah wafatnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.


Tabi'in : muslim yang bertemu dengan shahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam walau hanya sekedar mengucap salam kepada para shahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan meninggal dalam keadaan islam. Dari sini dikeluarkan Imam Abu Hanifah kendati beliau sempat hidup sezaman dengan shahabat yang belakangan meninggal (seperti Anas bin Malik dan Abu Thufail) akan tetapi karena beliau tidak pernah bertemu dengan mereka.

Tabi'ut tabi'in : muslim yang bertemu dengan tabi'in walau hanya sekedar mengucap salam ke mereka dan meninggal dalam keadaan islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar