Translasi

Sabtu, 17 November 2012

Jenis-jenis Hati dan Pembagiannya (bag 1)


Allah Ta'ala berfirman
أن السمع والبصر والفؤاد كل أولئك كان عنه مسؤولا 
'Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati seluruhnya niscaya dari mereka (akan dimintai) pertanggung jawaban' (Al Isra' : 36)
Ketika keadaan hati bagi jasad seperti raja pengatur bagi pasukan, yang semua kegiatan pasukan tersebut berasal dari sang raja, dan sang raja menggunakan pasukannya pada semua hal yang dia kehendaki sehingga seluruhnya dibawah penghambaan kepadanya dan penaklukannya, sang raja bisa menghasilkan istiqomah dan penyimpangan, sang raja bisa mengikutkannya dalam semua hal yang termasuk hal-hal yang diharuskan atau tidak mengikutkannya dalam hal-hal tersebut bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
إلا وان في الجسد مضغة إذا صلحت صلح الجسد كله، واذا فسدت فسد الجسد كله، إلا وهي القلب 
'Ketahuilah sesungguhnya didalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik niscaya akan baik jasad seluruhnya dan apabila dia rusak niscaya rusaklah jasad seluruhnya, ketahuilah segumpal daging itu adalah hati' (potongan dari hadits yang diriwayatkan Al Bukhari (1/126) kitab Al Iman, Muslim (11/27,28) kitab Al Masaqoh dan Al Muzara'ah).

Segumpal daging (hati) tersebut adalah raja bagi jasad, dia adalah yang berwenang untuk mengeksekusi semua hal yang dia diperintahkan dengannya, yang menerima semua hal yang didatangkan padanya yang termasuk petunjukNya, dan tidaklah terlaksana bagi jasad sesuatu apapun yang termasuk amalan jasad hingga muncul dari maksudnya niatnya, dia adalah penanggung jawab dari anggota tubuh seluruhnya, hal ini karena bahwasanya setiap pemimpin adalah penanggung jawab dari yang dipimpinnya : sehingga menjadilah perhatian untuk menyehatkannya/menyelamatkannya, meluruskannya, lebih utama dari semua hal yang orang-orang yang berjalan menuju Allah untuk bersandar diatasnya, melihat/memeriksa penyakitnya dan hal-hal yang menyembuhkannya hal yang paling penting bagi orang-orang yang beribadah untuk beribadah dengannya.
Ketika keadaan hati diberi sifat dengan hidup dan lawannya, maka hati dibagi berdasarkan hal tersebut kepada 3 bagian : 1. Hati yang sehat/selamat 2. Hati yang mati 3. Hati yang sakit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar