Translasi

Sabtu, 17 November 2012

Pelajaran 1 : Ilmu Mushthalah Al Hadits


Ilmu ini adalah pengantar untuk kita belajar hadits. Mushthalah hadits artinya istilah-istilah yang berkaitan dengan hadits. Berikut pembahasan untuk pelajaran 1 ilmu mushtalah hadits

1. Definisi hadits

Secara istilah berarti : semua hal yang disandarkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berupa perbuatan beliau, ucapan beliau, persetujuan beliau terhadap perbuatan para shahabat yang disaksikan atau yang tidak beliau saksikan langsung, keterangan mengenai sifat fisik beliau, dan keterangan mengenai akhlaq beliau shallallahu 'alaihi wa sallam.
Definisi ini sama dengan definisi sunnah secara istilah jika ditinjau dari ilmu hadits (sunnah secara istilah memiliki ma'na yang berbeda-beda bergantung pada disiplin ilmu yang ditekuni oleh 'ulama yang memberikan definisi sunnah)

2. Hadits Shahih, yaitu : hadits yang bersambung sanadnya (Sanad yaitu mata rantai para perawi yang saling bersambung hingga ke redaksi (matan) hadits), tidak memiliki redaksi yang syadz (ganjil), tidak berpenyakit, diriwayatkan oleh perawi yang adil, kuat penjagaannya (dlobith), diriwayatkan dari yang semisalnya (adil dan dlobith) yang bisa dijadikan sandaran dalam dlobithnya dan penukilannya. Hal-hal yang disebutkan dalam definisi hadits shahih juga merupakan syarat bagi sebuah hadits hadits.
»» Bersambungnya sanad yaitu perawi yang meriwayatkan hadits telah dipastikan mengambil hadits tersebut dari gurunya. Jika kita tidak yakin sang perawi mengambil hadits tersebut dari gurunya maka sikap kita adalah berhati-hati sebab hadits-hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditetapkan diatas kehati-hatian, sehingga tidak diterima sebuah hadits hingga telah diyakinkan bahwasanya setiap rawi mengambil dari tiap gurunya atau paling tidak didasarkan pada dugaan yang kuat mengenai hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar